Sabtu, 04 Agustus 2012

KTP Elektronik di Muarojambi Telah Rampung


MUAROJAMBI, TANJAB EKSPRES –  Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (e-KTP-red) di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi telah rampung Minggu lalu. Pertama kali memperoleh e_KTP tersebut ialah Bupati Muarojambi, H. Burhanuddin Mahir dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muarojambi, Rusman Widodo.

Program pembutan e_KTP ini merupakan program pemerintah pusat yang diberlakukan di seluruh Indonesia. Ketika itu, seluruh pemerintah daerah diwajibkan melayani masyarakat untuk melakukan perekaman sidik jari, mata dan data identitas lainnya.

Bupati Muarojambi, H. Burhanuddin Mahir Ft. Ist
Pihak kecamatan di masing-masing daerah, kabupaten/kota se Provinsi Jambi menjadwalkan proses perekaman identitas untuk e_KTP ini, melalui para ketua rukun tetangga (RT). Kemudian masyarakat disuruh menunggu proses pencetakan yang waktunya tidak ditentukan.

Selain melibatkan pemerintah kecamatan, proses perekaman dan pembuatan e_KTP ini juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di kabupaten/kota masing-masing.

Pembuatan e_KTP ini tidak dikenakan biaya alias gratis, dan masing-masing warga harus melakukan identivikasi khususnya bagi warga yang telah memenuhi syarat untuk memiliki kartu identitas diri tersebut.  

Seusai mengambil e_KTP di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Muarojambi kemarin, Burhanuddin Mahir mengibau masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk datang ke kantor Dukcapil guna melakukan perekaman data diri. “Saat ini Dukcapil masih melayani,” ujar Burhanuddin Mahir. 

 Hal senada juga dikatakan Zakaria, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muarojambi. Menurut  Zakaria yang pertama kali mengambil e_KTP di Kabupaten Muarojambi ialah Bupati Muarojambi dan Kajari Sengeti.  “Kami akan melayani masyarakat dan memberikan informasi pada setiap hari kerja”, kata Zakaria.  (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top