Minggu, 12 Agustus 2012

Petani Dihimbau Perbanyak Menanam Cabai



JAMBI, TANJAB EKSPRES – Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) menghimbau petani di Provinsi Jambi untuk memerbanyak menanam cabai. Hal itu bertujuan untuk mencegah inflansi (lonjakan harga) terhadap harga cabai di pasaran. 

Menurutnya, menghadapi bulan puasa dan lebaran, pemerintah selalu dihadapkan dengan goncangan harga sembilan bahan pokok (Sembako). Oleh sebab itu gubernur menyambut baik adanya pasar murah yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) Penen Cabai di Muaorjambi. Ft\Ist
Pada 2010  kata HBA, Provinsi Jambi mengalami inflasi sebesar 10,55 persen, tahun 2011 2 persen dengan sumbangan terbesar disebabkan oleh tingginya harga cabai”, Tahun lalu, 2011 kita anjurkan masyarakat perbanyak menanam cabai, namun kini ibu ibu dapat membeli cabai di pasar dengan harga relative murah”, ujar HBA.

Respon pemerintah terhadap petani cabai di Provinsi Jambi cukup besar, bahkan pemerintah telah menganggarkan dana bantuan terhadap kawasan sentra pangan untuk mengantisipasi lonjakan harga.

Daerah penyangga pangan di Provinsi Jambi diantaranya  Kampung Lumbung Pangan Terpadu Desa Pudak, Kecamtan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi,  Kebun Sayur Paal Merah, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Kabupaten Kerinci di Bukit Kahyangan.

Kemudian di Merangin persisnya derdapat di Jangkat Dan Lembah Masurai, sedangkan di Sarolangun terdapat di Kecamatan Batangasai. “Jadi sebenarnya kalau kebutuhan palawija untuk warga Jambi tak perlu lagi di datangkan dari luar daerah”, kata HBA. (ref)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top