Minggu, 23 September 2012

Bayi Harimau Baru Lahir Belum Diberi Nama


KOTA JAMBI, TANJBAB EKSPRES – Seekor bayi Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumaterae) yang baru lahir pada hari Minggu (23/9) di Kebun Binatang, Taman Rimba, Kelurahan Lingkarselatan, Kecamatan Jambiselatan  Kota Jambi, belum diberi nama.

Pihak pengelola kebun binatang masih menuggu jika masih ada bayi harimau yang akan lahir lagi.
“Biasanya harimau melahirkan lebih dari satu anak, terkadang dua hingga empat ekor”, ujar Kepala Kebun Binatang Taman Rimba, Kota Jambi, Adri kepada wartawan di Jambi, Minggu (23/9).

Menurut Adri, belum diketahui apakah bayi harimau tersebut akan dipelihara di Taman Rimba atau ditempat lain, yang jelas untuk menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tak dinginkan, harimau jantan bernama Petter yang selama ini menghuni satu tempat dengan harimau betina bernama Uni (yang baru saja melahirkan –red), dipisahkan.
Ilustrasi Harimau Sumatera. Ft \ Ist

Pemisahan Petter agar tidak mengganggu anak harimau yang baru lahir sekitar pukul 09.00 WIB tersebut.”Sebab kadangkala harimau jantan bisa memakan anak harimau juga,” ujarnya.

Pantauan Tanjab Ekspres, para pengunjung Kebun Binatang Taman Rimba sangat gembira mendengar kabar kelahiran anak harimau tersebut. Mereka ingin melihat dari dekat anak harimau yang baru lahir.

“Saya pingin melihat, tapi takut sebab dulu ada yang lepas dan berkeliaran di areal sini,” kata Sumiati (26) salah seorang pengunjung waktu itu. 

Sementara itu, pada awal September 2012 lalu satu dari dua ekor anak harimau betina berusia dua bulan yang ditemukan warga di Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, pada Rabu (05/9) mati, penyebabnya karena kekurangan cairan tubuh (dehidrasi berat).

Waktu itu, Kepala Seksi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Nurazman, mengatakan, bangkai harimau itu disimpan di lemari pendingin Kantor BKSDA Jambi, untuk kemudian dioffset. 

Disebutkan, kondisi kedua anak harimau yang ditemukan warga Minggu (02/9) pagi itu, tampak kurus. Anak harimau itu berpisah dari induknya dan ditemukan oleh warga yang hendak pergi ke kebun. Disebutkan, mereka punya niat baik untuk menyelamatkan kedua anak harimau, lalu diambillah anak harimau tersebut.

Saat ini, kata Nurazman, kedua anak harimau awalnya dititipkan di Kebun Binatang Taman Rimba dan mendapat perawatan. Namun, Rabu pagi satu anak harimau ditemukan mati di Kebun Binatang Kota Jambi. (ref)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top