Kamis, 06 September 2012

Pembangunan Ketahanan Pangan Masih Menghadapi Masalah


JAMBI, TANJAB EKSPRES - Pada tahun-tahun mendatang pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Jambi masih akan menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan, demikian disampikan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H. Fachrori Umar,  saat membuka Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (Rakor DKP) Provinsi Jambi priode I tahun 2012, di ruang pola Kantor Gubernur Jambi,  Rabu (05/9).

Fahcrori Umar
“Kita semua menyadari bahwa pada tahun-tahun mendatang, pembangunan ketahanan pangan masih akan menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan,” ujar Fachrori.

Menurut wagub, yang menjadi masalah pokok pembangunan ketahanan pangan ini ialah keterbatasan ketersediaan lahan dan air irigasi. Kemudian sama-sama dirasakan belum sempurnanya system penyediaan input produksi pangan saat ini seperti penyediaan pupuk, benih dan pakan. 

Dikatakan wagub, sampai saat ini penerapan dan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan pertanian, dan perikanan dalam mendukung peningkatan produksi, mutu dan nilai tambah produksi masih lemah. Wagub menghimbau agar melalui forum ini ditindaklanjuti berbagai hasil kajian yang dilakukan dan mengadopsi teknologinya.

Permasalahan lain, yang perlu dijadikan distribusi bahan pangan dan aksesibilitas masyarakat miskin terhadap bahan pangan yang sangat rentan terhadap fluktuasi harga. Kerentanan penduduk terhadap rawan pangan, akibat ancaman kegagalan produksi dan terhambatnya distribusi serta lambatnya proses diversifikasi pangan.

Pada kesempatan ini Wagub juga menyampaikan beberapa butir hasil konferensi DKP tahun 2012 beberapa waktu yang lalu, dijelaskan Wagub, dalam konfrensi tersebut ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti, antara lain DKP Provinsi Jambi harus berperan lebih aktif dalam mendorong dan mengawal pencapaian surplus 10 juta ton beras dan jagung secara berkelanjutan.

Wagub yakin tidak mudah untuk melaksanakan hasil konfensi DKP tersebut, namun bukan berarti tidak bisa. Untuk itu Wagub menghimbau agar dapat menugaskan dan memfungsikan skretariat DKP dan setiap tingkatan. Wagub juga berharap agar DKP dapat melaksanakan rapat secara reguler untuk mengevaluasi pelaksanaan pelaksanaan dan pencapaian program kerja DKP.

Sementara itu, Kepada Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Hartono, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari Rapat Kordinasi DKP ini adalah guna memantapkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi inatansi terkait dalam pembangunan ketahanan pangan di masing-masing tingkatan pangan di masing-masing tingkatan dan lebih meningkatkan eksistensi lembaga ketahanan pangan serta peningkatan kinerja dan partisipasi aparatur pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan pertanian. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top