Rabu, 26 September 2012

Satu dari Dua Komitmen Walikota Telah Terealisasi

 Terkait Pencemaran Udara Akibat Kabut Asap

KOTA JAMBI, TANJAB EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah menepati satu dari dua komitmen Walikota Jambi, dr. H. Raden Bambang Priyanto,   terkait terus berlangsunnya pencemaran udara di Kota Jambi, akibat kabut asap. Satu komitmen dimaksud ialah membagikan masker gratis kepada masyarakat Jambi guna meminimalisir berjangkitnya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Pembagian masker ini dilakukan pegawai Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Sedikitnya, pada Rabu (26/9), 10 ribu masker dibagikan kepada masyarakat dengan tiga titik penyebaran yakni di Kawasan Perempatan Jalan atau persisnya di Simpang Empat Lampu Merah, Kelurahan Jelutung, Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

Bambang Priyanto. Ft\: Rizal E
Kemudian di seputaran lampu merah di Kelurahan Simpang Kawat, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi dan di Areal Kantor Gubernur Jambi, atau persisnya di Simpang Empat Bank 9 Jambi (Simpang BI/red) Kelurahan Sungaiputeri, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Lalu komitmen lainnya yakni akan meliburkan anak sekolah apabila kabut asap masih berlangsung hingga kini belum terealisasi. Padahal waktu itu, jika kabut asap telah diperkirakan membahayakan kesehatan masyarakat, maka anak sekolah akan diliburkan.

Hal itu dikatakan Bambang Pariyanto ketika menghadiri acara penilaian perlombaan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Posyandu Kaswari, di RT. 21, Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (21/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang kepada wartawan mengatakan  pembagian masker gratis ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terhadap bahaya kabut asap.

“Ini untuk meminimalisir dampak ISPA, dan hal ini merupakan program Dinas Kesehatan Kota Jambi yang merupakan perpanjangan tangan dari Pemkot Jambi,” ujar Polisman Sitanggang, Rabu (26/9).

Sebelumnya, Polisman Sitanggang mengatakan bahwa kabut asap ini belum begitu berbahaya karena baru menembus angka 70 pm. Hal ini dikatakannya di hadapan Walikota Jambi  ketika acara penilaian PHBS di Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi belum lama ini.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi dari Walikota Jambi terkait rencana meliburkan anak sekolah. Masyarakat berharap pemerintah dapat secepatnya mengambil tindakan sebelum korban ISPA semakin meningkat. (ref)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top