Rabu, 03 Oktober 2012

Masukan LSM Tentang Kanal Akan Dipelajari

Terkait Maraknya Kebakaran Hutan di Provinsi Jambi

JAMBI, TANJAB EKSPRES – Sekeretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Syahrasaddin akan menampung aspirasi Lembaga  Swadaya masyaratat (LSM) Pemerhati Lingkungan yang memberikan masukan tentang usulan membuat kanal guna mempermudah pemadaman api ketika kebakaran hutan gambut pada musim kemarau.

Syahrasaddin. Ft:\Rizal Ependi
Hal itu dikatakan Syahrasaddi usai menghadirin Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Forum Komunikasih Putra Putri Indonesia (FKPPI) Provinsi Jambi ke 35 di Gedung Olahraga Perkantoran Korem 042 Garuda Putih Kota Jambi, Rabu (03/10).

Saat ini kanal yang ada telah kering sehingga kebakaran hutan sulit ditanggulangi. Namun karena itu persoalan teknis, menurut Sekda lebih baik ditanyakan pada dinas kehutanan atau dinas pekerjaan umum.

Kendati demikian kalau usulan dari LSM tersebut dinilai epektif, maka bukan tidak mungkin hal iutu akan direalisasikan. “Inikan sebagai masukan dari kawan-kawan LSM, nanti akan kita pelajari kembali. Kalau memang epektif kita akan lakukan,” ujarnya.

Dikatakan Sekda, terkadang pemerintah tak mampu, pada hal hanya dua musim yakni musim kemarau dan penghujan. Pada musim kemarau tidak mampu mengatasi kekeringan dan kebakaran hutan, sedangkan musim penghujan juga belum mampu mengatasi banjir.

Jadi lanjut Sekda, saat ini dibutuh pemikiran yang sangat konfrehensif untuk menyelesaikan persoalan seperti ini, dirinya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi  ke depan harus mampu menyerap aspirasi yang disampaikan LSM dan masyarakat.

Terkait dengan bekas kebakaran hutan, Pemprov Jambi akan melakukan penghijauan kembali pada hutan bekas terbakar. “Saya fakir bukan hanya di hutan yang terbakar saja, tapi di Kota Jambi juga perlu sepat dilakukan penghijauan, agar cuaca tak terasa panas seperti saat ini,” tandasnya. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top