Selasa, 16 Oktober 2012

Protein Hewani Masih Didatangkan dari Luar Daerah


JAMBI, TANJAB EKSPRES – Guna memenuhi kebutuhan protein hewani, Provinsi Jambi masih mendatangkan dari luar daerah. Setiap tahun hampir 10.302 ekor sapi harus didatangkan dari luar Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) melalui Sekrataris Derah (Sekda) Provinsi Jambi, Syahrasaddin ketika membuka acara Peretemuan Teknis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi tahun 2012, di hotel Grand Abadi, Kota Jambi, Selasa (16/10).

Menurut gubernur hal ini tentunya sangat bertolak belakang dengan kondisi alam yang dimiliki Jambi. "Disatu sisi Jambi punya potensi yang cukup besar untuk pengembangan ternak, namun disisi lain masih mendatangkan ternak dari daerah lain," ujarnya. 

Sapi salah satu sumber protein hewani. Ft:\Rizal Ependi
Berdasarkan hasil sensus ternak sapi dan kerbau yang dilaksanakan tahun 2011, Provinsi Jambi untuk mencapai swasembada ternak masih kekurangan 50 ribu ekor. 

Dikatakan gubernur swasembada ternak, berbeda dengan swasembada daging. Karena setelah swasembada ternak tercapai, untuk mencapai swasembada daging, harus melengkapi fasilitas transpotasi ternak dari farm ke rumah potong hewan.

Selanjutnya, rumah potong hewan harus memenuhi standar kesehatan hewan dan higiene serta sanitasi yang baik, dan terakhir, mobilitas pengangkutan daging dari rumah potong hewan ke pasar harus memenuhi standar.
  
Sementara itu, Direktur Jendral (Dirjen) Peternakan dan Kesehatanan Hewan Kemernterian Peternakan RI dalam sambutan tertulisnya, yang disampaikan oleh Direktur Pembibitan, menyoroti tema pertemuan “Persiapan Provinsi Jambi sebagai Wilayah Perbibitan Ternak Sapi dengan Pola Integrasi Sapi-Sawit” dalam rangka Mewujudkan Keberhasilan Swasembada Daging 2014. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top