Selasa, 09 Oktober 2012

Puluhan Ribu Guru Mendapat Beasiswa S1

JAMBI, TANJAB EKSPRES – Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi, tahun 2012 ini melaksanakan dua program penting untuk meningkatkan kualitas guru.

Pertama, sebanyak 10600 guru akan disekolahkan di Universitas Terbuka (UT) mengambil jenjang pendidikan satrata satu (S1) gratis. Karena biaya kuliah tersebut akan ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Demikian dikatakan Kepala Diknas Provinsi Jambi, H. Idham Khalid kepada wartawan usai menghadiri pelantikan ketua PGRI Kota Jambi, di Aula Bappeda Kota Jambi, Selasa (9/10).

H. Idham Khalid. Ft\RE
Menurut Idham Khalid, program yang kedua pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) dan membentuk kelompok kerja guru dengan menghadirkan dosen dari perguruan tinggi dalam pertemuan mereka.

Dengan begitu, dalam setiap pertemuan akan dihitung sebagai SKS (Sistem Kridit Semester) dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik tersebut. “Dari 10600 guru yang mendapat beasiswa tadi, dibutuhkan dana sekitar Rp. 21 miliar, karena satu orang biayanya Rp. 2 juta,” ujarnya.

Peningkatan kualitas guru ini, tambah Idham Khalid, mengacu pada Undang-undang tentang pendidikan, disitu dikatakan pada 2014 ini seluruh guru harus lulus S1.   

Sebab, lanjut Idham Khalid, persoalan guru yang paling besar ialah, kompentensi guru, distribusi guru dan kesejahteraan guru. Guna mewujudkan hal ini, pemerintah tentunya membutuhkan anggaran. Jadi saat ini, guna mempermudah memperoleh dana tersebut antara Ketua PGRI dan kadis harus bersinergi. (ref)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top