Rabu, 27 Februari 2013

Soal Sampah di Sungai Pasca Banjir

Itu Tanggungjawab Bidang Pengairan PU

JAMBI, TANJAB EKSPRES - Banyaknya sampah menumpuk di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari dan beberapa sungai kecil di Kota Jambi, pasca terjadinya banjir besar di Jambi dalam dua bulan terakhir merupakan tanggungjawab Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi.

Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Jambi hanya bertanggungjawab moral terkait persoalan ini.

Tumpukan sampah di perairan seputaran Pasar Angsoduo Jambi. Ft:\ RE
"Tupoksinya di Bidang Pengairan Dinas PU dan Balai Wilayah Sumatra Dinas PU Provinsi Jambi", ujar Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Jambi, Muklis kepada Tanjab Ekspres, Rabu (27/2).

Muklis menyebutkan pihaknya membantu membersihkan sampah di sebagian kawasan sungai merupakan bentuk tanggungjawab moral saja. Karena memang tugas kebersihan memungut sampah, tapi bukan sampah yang ada di sungai.

Kalau sampah yang ada di dalam Kota Jambi, Muklis mengaku setiap hari telah mengerahkan sedikitnya 40 unit truk sampah lengkap dengan 6 petugas perunit. Truk - truk sampah tersebut setiap hari diterjunkan mulai pukul lima subuh hinggua menjelang malam, untuk mengangkut sampah di dalam kota yang kemudian dibuang ke TPA Talang Gulo.

Kemudian ada lagi armada angkutan dengan mobil kecil 8 unit dan 3 orang petugas termasuk sopir. "Kami terus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi dinas kebersihan", sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengairan Dinas PU Kota Jambi, Dadang belum dapat dikonfirmasi terkait persoalan ini. Karena yang bersangkutan sedang tidak berada di kantornya.

Begitu juga dengan Kepala Balai Wilayah Sumatera Dinas PU Provinsi Jambi, Budi. (ref)

~~~~~~~~~~0000000~~~~~~~~~~~

Sampah di Kota Jambi Belum Dapat Diangkut Seluruhnya

KOTA JAMBI, TANJAB EKSPRES - Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Jambi mengaku hingga saat ini petugas pengangkut sampah belum dapat memungut seluruh sampah yang tersebar di Kota Jambi.

Alasannya, sebagian masyarakat Jambi belum memiliki kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada waktu dan tempat yang disediakan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebersihan Kota Jambi, Muklis kepada Tanjab Ekspres di Jambi, Rabu (27/2).
Namun, menurut Muklis, kendati pihaknya telah bekerja maksimal tanpa didukung kesadaran masyarakat, mustahil Kota Jambi akan bersih dari sampah seperti yang diharapkan.

Muklis
"Diangkut pagi, siang harinya TPS telah penuh kembali oleh sampah, padahal sebelumnya telah bersih. Jujur saya katakan, petugas memang belum dapat mengangku tseluruh sampah di Kota Jambi", ujar Muklis.

Dalam persoalan ini, Muklis mengaku tak keberatan menerima berbagai macam kritik dan saran dari seluruh elemen masyarakat. Bahkan menurutnya, dia pernah bertanya kepada DPRD Kota Jambi, tentang penilaian wakil rakyat terhadap kinerja dinas kebersihan sebelum dan setelah dia pimpin.

"Ini saya lakukan untuk mengetahui kinerja dinas yang saya pimpin, jadi saya butuh penilaian orang lain agar saya dapat berbenah jika masih ada kekurangan dalam menangani sampah ini", tuturnya.

Dia berpendapat, penanganan sampah ini dapat terlaksana seperti yang diharapkan jika seluruh masyarakat Jambi telah memiliki kesadaran dan rasa tanggungjawab untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih.
Armada angkutan sampah foto:\Ist
Ini diperlukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat agar memahami arti penting membuang sampah pada tempatnya. Sosialisasi soal ini tak cukup sekilas atau himbauan melalui iklan di media massa saja, namun membutuhkan kesabaran dan waktu yang panjang.

"Inilah upaya yang akan kami lakukan ke depan, agar Kota Jambi menjadi kota seperti yang kita harapkan. Tak lupa, untuk mewujudkan hal itu, seluruh instansi terkait diharapkan dapat bekerja sama", kata Muklis.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Jambi, Nasrun Lehen mengaku hingga saat ini pihaknya masih tetap komit dan fokus pada bidang pekerjaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dinas kebersihan.

"Sejauh ini kami masih fokus dalam penanganan sampah, hal ini kami lakukan sesuai dengan tupoksi dinas kebersihan Kota Jambi", tandasnya. (ref)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top