Rabu, 07 November 2012

Kontribusi PKK di Daerah Pemekaran



 Dari Program KB Hingga Teknologi Kesehatan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Muarojambi tak hanya sebagai wadah silahturahmi para istri pejabat. Namun telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan. Karya organisasi ini mendapat apresiasi Bupati Muarojambi, H. Burhanuddin Mahir. Berikut catatannya.

RIZAL EPENDI – MUAROJAMBI

Dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, Tim Penggerak Pembangunan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muarojambi telah menunjukan geregetnya dalam mendukung pembangunan di kabupaten tersebut.

Oleh sebab itu, upaya dan kerja keras TP PKK mendapat apresiasi tak hanya dari bupati, namun juga mendapat respon positif dari Wakil Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar.

Melalui Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kes 2012 lalu, diharapkan memberi dampak pada kesejahteraan keluarga yang akan mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Muarojambi.

“Dengan ini mari kita tingkatkan percepatan pembangunan, penguatan dasa wisma, posyandu dalam pencapaian MGD’s. Karena kalau dicermati, MDG’s ini adalah penjabaran dari 10 program pokok PKK,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Muarojambi, Ny. Hj. Suliyanti Burhanuddin belum lama ini.
Salah satu kegiatan PKK di Kabupaten Muarojambi. Ft\: Ist
Menurut dia, MDG’s juga menjabarkan delapan fungsi keluarga. Jadi peran PKK dalam mensukseskan Program KB sangat strategis dan luar biasa. 

PKK dapat berbuat banyak untuk dukungan kependudukan kendati tak didukung permodalan yang memadai.

Program KB ini pada dasarnya ditujukan untuk kesejahteraan para ibu agar tidak mengalami “4 Terlalu” : terlalu dekat, terlalu muda, terlalu rapat dan terlalu tua.

Sementara itu, Bupati Muarojambi, H. Burhanuddin Mahir menyebutkan, kontribusi dan kinerja yang telah ditunjukkan PKK dalam membantu program pemerintah untuk pembangunan cukup besar.

”PKK Memberi kontribusi yang begitu besar, Ibu PKK bekerja tanpa modal (besar) tapi hasil karya yang diberikan luar biasa besar”, ujar Burhanuddin Mahir. Bupati bahkan memberikan apresiasi dan keleluasaan kepada Ibu PKK untuk berkontribusi dalam pembangunan terutama mengenai program kerja Keluarga Berencana.

Saat ini, perhatian terhadap KB seolah dikesampingkan, padahal pertumbuhan penduduk di Provinsi Jambi cukup besar. Besarnya pertumbuhan penduduk bisa mengganggu program untuk mensejahterakan rakyat dengan target mencapai keluarga yang berkualitas.

Selain itu dapat mengganggu tujuan, terutama dalam akselerasi peningkatan kesejahteraan rakyat, keluarga kecil memudahkan menjadi keluarga yang berkualitas, membentuk sumberdaya berkualitas yang kelak akan mewarisi bangsa dan Negara.

Bupati berharap, kedepan pihak terkait akan lebih memperhatikan persoalan KB ini. Sebab pertumbuhan penduduk yang terlalu besar juga dapat berdampak pada kemajuan suatu daerah.

Pelaksanaan Program KB tidak terlepas dari program pembangunan kependudukan yang tidak hanya menyoroti masalah kualitas dan mobilitas juga masalah kuantitas penduduk itu sendiri.

Pemerintah sangat mendukung pelaksanaan akselerasi, revitalisasi program kependudukan dan KB melalui intensifikasi komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan berbagai sektor terkait.

Sedangkan Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Yusniana Hasan Basri sempat memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan lagi kreativitas dan produk unggulan.

”Saya katakan seluruh kabupaten kota harus mempunyai produk unggulan, disini sudah jelas adanya kerajinan resam, tapi kedepan bisa ditingkatkan”, ujarnya.

Karena Yusniana melanjutkan, kerajinan dan kreativitas yang menghasilkan berbagai jenis produk merupakan bentuk nyata dari kontribusi  PKK dalam membantu mewujudkan dan mencapai visi yang dicanangkan oleh pemerintah.

Hj. Yusniana juga berharap kesuksesan Muarojambi akan tercapai mengingat kabupaten ini merupakan jalur lintas Sumatera. “ Kita tahu Muarojambi merupakan jalur timur, jadi mungkin bisa memperkenalkan daerahnya melalui hasil-hasil kerajinan,” tukasnya.

Dikatakan, keberadaan TP PKK dalam membantu dan mendukung tugas pemerintah harus mampu menjadi perpanjangan tangan dari berbagai kebijakan pemerintah.

Dibidang kesejahteraan keluarga, maupun mendorong kemampuan perempuan dilingkungan pemerintah. Kemudian diharapkan juga dekranasda Kabupaten Muarojambi dapat memainkan peran dan fungsi yang baik.

Hal ini penting karena dekranasda merupakan lembaga independen dan sebagai wadah berhimpun bagi seluruh pemangku kepentingan kerajinan yang berfungsi membantu pemerintah dalam melindungi, menggali, dan melestarikan, membina serta mengembangkan seni kerajinan daerah. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top