Minggu, 18 November 2012

Pembukaan Perkempinas 2012 Semarak


JAMBI, TANJAB EKSPRES -  Pembukaan Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) tahun 2012 di Bumi Perkemahan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Minggu (18/11), semarak.

Perkempinas itu diikuti 2 ribu lebih peserta yang berasal dari 29 kwartir daerah (Kwarda) se Indonesia. Pembukaanya dilakukan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Windu Nurcipta.

Saat acara pembukaan berlangsung wamendikbud di dampingi Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA). Hapir seluruh provinsi yang ada di Indonesia mengirimkan utusannya, hanya saja Provinsi Bali, Maluku Utara, Maluku dan Gorontalo, tidak mengirim utusan. 

Sebelum pembukaan, Gubernur Jambi menggelar acara silahturahmi dengan para peserta perkempinas. Dalam sambutannya gubernur mengatakan kegiatan Perkempinas ini memiliki makna dan tujuan yang luhur yaitu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, bersilaturahmi, bertukar pengalaman serta meningkatkan rasa persaudaraan dan menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

Dengan demikian dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia. “Kita harus menyadari dan mengakuai bahwa sejak beberapa tahun terakhir, ditemukan gejala menurunkan semangat dan rasa kebangsaan dikalangan kaum muda,” ujar gubernur.

Penurunan semangat dan rasa kebangsaan itu dapat dilihat dari rendahnya solidaritas sosial, maraknya tawuran antar pelajar di beberapa daerah serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa.

Dikatakan gubernur, gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan moral dan mental generasi muda, sangat dinantikan peran dan kiprahnya, mengingat gerakan pramuka pada hakikatnya merupakan Lembaga Pendidikan di Luar Sekolah, yang hidup di tengah tengah masyarakat. (ref)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top