Kamis, 04 Oktober 2012

Petani Keluhkan Harga Jual Ikan Lele


Hasil penen ternak bibit ikan lele bantuan pemerintah

KOTA JAMBI, TANJAB EKSPRES -  Petani kolam ikan lele di Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi mengeluhkan murahnya harga jual ikan lele hasil panen bibit bantuan pemerintah.

Petani mengatakan ikan lele hanya dihargai pembeli Rp. 10 ribu perkilo. Jumlah ini tak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan untuk pembuatan kolam swadaya petani, selain kolam bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Adalah Jamin (43) Warga Lorong Lestari, RT. 12, Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Jambiselatan, Kota Jambi, salah satu petani yang memiliki tiga buah kolam ikan lele, dua bantuan pemerintah dan satu swadaya petani. 

Assisten II Setda Kota Jambi, Reynold. Ft:\Re

Jamin mengeluh karena harga jual relatif lebih murah ketimbang harga pasaran di Pasar Tradisional Angsoduo Kota Jambi yang mencapai Rp. 15 – 16 ribu perkilo.

Menurut Jamin, sejak adanya bantuan pemerintah berupa bibit ikan lele dan pakan, dirinya telah tiga kali penen. Hasil panen lumayan banyak, dari seribu bibit dapat dipanen hingga 70 persen, dengan berat rata-rata 2 ons per ekor setelah tiga bulan.

“hasilnya lumayan bagus, kalau masih kecil dikasih pellet, sudah agak besar ditambah makanan sayur-sayuran busuk dan pellet ,” ujarnya.

Namun kendalanya itu tadi, karena harga jual dipasaran (dari para tengkulak-red) hanya Rp. 10 ribu perkilo. “Rasanya tak sesuai dengan biaya dan tenaga yang dikeluarkan, mas,” keluh Jamin.

Jamin berharap pemerintah dapat mencarikan solusi terkait persoalan ini, sebab jika masih begini bukan tidak mungkin bantuan bibit akan mubazir.

Kolam ikan lele petani Paal Merah bantuan pemerintah. Ft:\Rizal Ependi
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Herwono berharap jangan sampai bantuan bibit ikan lele ini mubazir. Dirinya menghimbau petani harus betul-betul memanfaatkan bantuan tersebut.

Hal itu dikatakan Herwono ketika menyalurkan bantuan gratis  95 ribu ekor bibit ikan lele dan 9.5 ton pakan ke petani di Lorong Lestari, Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Jambiselatan, Kota Jambi, Kamis (4/10).

Sedangkan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Jambi, Reynold mengatakan, hendaknya bantuan itu dapat meningkatkan ekonomi dan tarap hidup petani.

“Kalau diurus dengan benar, ternak lele itu akan menguntungkan petani, apalagi harganya agak mahal,” kata Reynold. (ref)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top