Selasa, 16 April 2013

Pengelolaan Arsip Diharapkan Menggunakan Teknologi

JAMBI, TANJAB EKSPRES - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Syahrasadin mengharapkan adanya peningkatan pengelolaan arsip dengan menggunakan teknologi. Pernyataan ini disampaikannya saat membuka secara resmi pembukaan Rapat Koordinasi Kearsipan se-provinsi Jambi, di hotel Ratu, Telanaipura Selasa (16/4).

Sekda menyatakan bahwa saat ini Badan Perpustakaan dan Arsip harus menemukan teknologi baru dalam mengelola arsip dengan memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan, pelayanan dan pelestarian arsip.


“Diharapkan dalam Rakor ini akan menemukan pengelolaan, pelayanan dan pelestarian arsip dengan cara yang baru atau modern dengan memanfaatkan teknologi atau digitalisasi.

Karena saat ini kita masih menggunakan metode yang konvensional, kita mengumpulkan barang-barang yang berkarung-karung besar, kita harap dengan Rakor ini para peserta akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang bagaimana pengelolaan arsip yang modern” ungkap Sekda.

H. Syahrasaddin
Dikatakan Sekda bahwa Badan Keperpustakaan dan Arsip Daerah memiliki peranan yang sangat penting bagi pemerintah dan juga masyarakat. Bagi pemerintah Badan Keperpustakaan dan Arsip Daerah dapat menunjang proses administrasi negara dan manajemen birokarasi.

“Sedangkan bagi masyarakat umum dapat dipergunakan untuk pendidikan dan penelitian. Saya juga dulu memanfaatkan perpustakaan untuk tempat belajar, diharapkan dengan adanya sistem pengelolaan yang tepat dapat meningkatkan keinginan masyarakat untuk datang dan memanfaatkan perpustakaan” jelasnya.

Dilanjutkan Sekda bahwa dari Rakor ini diharapkan dapat berfungsi menjadi tulang punggung negara, sehingga mampu berkontibusi dalam mendukung program Jambi EMAS.

“Untuk itu harus ada program-program unggulan kearsipan ini dapat menghasilkan program-program baru yang telah terkoneksi dan sinkronisasi antara Arsip Nasional RI Jakarta. Disamping itu harus ada peningkatan SDM arsiparis di semua lemabga kearsipan, sehingga akan meningkatkan profesionalisme pengelolaan arsip yang modern melalui program-program yang inovatif,” katanya. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top