Minggu, 02 Desember 2012

Lakalantas Terbesar Disebabkan Human Error



JAMBI, TANJAB EKSPRES - Kesalahan manusia (human error) penyebab terbesar terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Selain itu disebabkan pula oleh  prasarana, kendaraan maupun lingkungan. 
 
Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H. Syahrasaadin, pada acara Pencanangan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2012 dan Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020 di Provinsi Jambi, Minggu (02/12).
Menurut Sekda, berdasarkan data tahun 2011, korban meninggal dunia akibat lakalantas mencapai 523. Ini berarti setiap hari satu sampai dua orang di Provinsi Jambi meninggal dunia akibat lakalantas.  
“Angka ini jangan dipandang sebagai angka statistik belaka, karena apabila dibiarkan terus, suatu saat bisa saja salah satu korban merupakan anggota keluarga kita,” tegas ujarnya.
Lebih memprihatinkan, kejadian kecelakaan terbesar tersebut beradara di negara-negara berkembang.
Melijat hal ini, pemerintah telah melakukan langkah-langkah koordinatif, yang dimulai dengan “Kesepakatan Bersama” antara Meteri Perhubungan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, dan Kepala Kepolisian RI pada tahun 2004.
Kemudian dilanjutkan dengan Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang dilaksanakan simultan setiap tahun sejak tahun 2007.
Pada tahun 2012 ini Provinsi Jambi mendapat kehormatan dari Kementerian Perhubungan RI, sebagai lokasi pencanangan dekade aksi keselamatan jalan, melalui Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2012. (ref)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top