Senin, 30 Juli 2012

Pemerintah Targetkan 500 Rumah Pintar



JAMBI, TANJAB EKSPRES – Sejak tahun 2005 hingga saat ini pemerintah pusat telah membangun 292 rumah pintar. Dari jumlah tersebut 10 diantaranya berada di Provinsi Jambi.

Hj. Yusniana Hasan BAsri
Sampai tahun 2014 pemerintah pusat menargetkan selesai membangun  500 rumah pintar di seluruh Indonesia. Hal itu dikatakan Sekretaris Solidaritas Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Rosi Anton Apriantono, ketika membuka sosialisasi dan koordinasi program rumah pintar se Provinsi Jambi  di Jambi,  Senin (29/7).

Menurut Rosi Anton Apriantono, selain rumah pintar pemerintah juga telah meluncurkan 150 unit mobil dan motor pintar, 404 unit kapal pintar yang beropersi di Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, Kalimantan dan Maluku. 

Di dalam rumah pintar ini terdapat lima sentra utama yaitu sentra buku, sentra panggung, audio visual dan sentra kriya. ”Kita bekerja sama dengan  pemda, insatnsi militar, swasta dan masyarakat”, ujar Rosi Anton Apriantono.

Ide rumah pintar ini buah pemikiran ibu negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono - Istri Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) - tujuannya untuk mencerdaskan   masyarakat Indonesia.

Salah satu kegiatannya memberdayakan masyarakat guna meningkatkan taraf hidup menuju masyarakat sejahtera. Rumah pintar sebagai sarana pemberdayaan anak usia dini, remaja, kaum perempuan juga kelompok lanjut usia.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri menyebutkan rumah pintar di Jambi menjadi percontohan. Saat ini dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi hanya Kota Sungaipenuh yang belum punya rumah pintar.

”Jadi saat ini baru ada 10 rumah pintar ditiap-tiap kabupaten kota, sebentar lagi Kerinci akan membangun dan jadi 11 unit”, ujar Hj. Yusniana Hasan Basri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Idham Kholid menyebutkan 10 rumah pintar di Provinsi Jambi  dibangun pada 2009.

Untuk 2012 akan dibangun satu unit rumah pintar di Kota Sungaipenuh, dan renovasi rumah pintar CBC (Capacity Building Center). Kemudian masing-masing rumah pintar di lengkapi mobil pintar. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top