Kamis, 05 Juli 2012

Penduduk Bertambah Angka Kemiskinan Berkurang


 JAMBI – Laju pertumbuhan penduduk di Provinsi Jambi diatas rata – rata pertumbuhan penduduk Nasional. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010, angka proyeksi secara Nasional sebesar 237.6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49% per tahun.

Sedangkan laju pertumbuhan penduduk di Jambi mencapai 2.55 persen per tahun. Walaupun penduduk bertambah,  beberapa tahun terakhir angka pengangguran dan kemiskinan di Jambi menurun. 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Jambi, H. Facrori Umar dalam sambutannya pada acara Pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan tingkat Provinsi Jambi di lapangan Korem Garuda Putih, Kota Jambi, Kamis (o5/07).

Namun, menurut Facrori Umar, tingginya pertumbuhan penduduk di Provinsi Jambi tidak semata disebabkan tingginya angka kelahiran. Hal itu merupakan imbas dari keterbukaan Jambi menerima pendatang dari luar daerah.

Pendatang ini merupakan tenaga kerja yang dipekerjakan di sektor perkebunan dan pertambangan.  

Guna menekan angka pertumbuhan penduduk ini dirinya menghimbau kepada warga Jambi untuk memiliki dua anak saja, dengan mengikuti program keluarga berencana (KB). 

Dengan begitu dapat meningkatkan kualitas orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak yang kemudian berdampak positif pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) anak. 

Kepala BKKBN Pusat Sugiri Syarief dalam sambutannya dibacakan Direktur Kesehatan Produksi, Ary Guoedadi mengatakan,  guna menyikapi persoalan pertumbuhan penduduk ini diperlukan langkah kongkrit.

Pada 2012 ini penting memantapkan perluasan jangkauan komunikasi informasi edukasi (KIE) dan pelayanan kontrasepsi.

Sementara itu Kepala BKKBN Provinsi Jambi, Retno Munfaati  menyebutkan kegiatan ini mencanangkan 1.000 orang dan calon akseptor 200 orang.

Sedangkan tema kegiatan ialah, “Melalui Bakti Sosial TNI – KB Kesehatan Tahun 2012, Kita Tingkatkan Komitmen Para Mitra Kerja untuk Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera dalam Rangka Mencapai Jambi EMAS 2015 ”  . (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Berita Paling Top