Minggu, 26 Agustus 2012

Kabut Asap Dominan Berasal dari Wilayah Timur


JAMBI, TANJAB EKSPRES – Kabut asap yang menerpa Kota Jambi dalam sebulan terakhir berasal dari kebakaran hutan di wilayah timur Jambi. Sedikitnya dua kabupaten paling dominan menyuplai kabut asap yakni Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim).

Demikian dikatakan Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) belum lama ini. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jambi telah melayangkan surat kepala pemerintah kabupaten/kota untuk serius membantu memadamkan kebakaran hutan di wilayahnya masing-masing.

Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melayangkan surat kepada pemerintah pusat untuk melakukan hujan buatan.
Kendati demikian, Pemerintah Provinsi Jambi tidak tinggal diam, menurut HBA pihaknya telah membentuk tim khusus penanganan kebakaran dan asap di Provinsi Jambi. 

Tim tersebut ialah, Pemerintah Kabupaten Kota se Provinsi Jambi, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Manggala Agni, Dinas Sosial Tenaga Kerja  dan transmigrasi (Disosnakertran),  BMKG, BLH dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sementara itu,  Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Trisiswanto Raharjo mengatakan kebakaran hutan di Tanjabtim masuk dalam wilayah Taman Nasional Berbak (TNB) yang merupakan lahan gambut.

Kondisi ini menyulitkan petugas pemadam kebakaran hutan (Manggala Agni) untuk memadamkan api karena berada dikedalaman hingga tujuh meter. Padahal manggala agni ini telah disiagakan sejak bulan Juli 2012.

Selain itu, di kawasan hutan di Kabupaten Muarojambi juga banyak terbakar. Sedikitnya ada 300 hektar dan telah dilakukan pemadaman oleh pemerintah. Hutan yang terbakar sebagian hutan produksi dan kebun masyarakat. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top