Rabu, 01 Agustus 2012

Wakil Gubernur Jambi Safari Ramadhan ke Tanjabtim


Wagub Jambi, H. Fahcrori Umar bacakan sambutan.  Ft/Ist




JAMBI, TANJAB EKSPRES -   Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H. Facharori Umar, menghimbau masyarakat  Islam untuk membayar zakat fitrah lebih awal, hal ini disampaikan wagub,  ketika Safari Romadhan tahun di Masjid Nahdatul Tulum, Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Sabak Barat, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Rabu (01/8).
Menurut wagub, jika selama ini masyarakat selalu membayar zakat fitrahnya di akhir bulan Romadhan, ini memang dianjurkan, tetapi sebaiknya dibayar sejak awal Romadhan, dan ini dibenarkan.
Karena diwajibkannya mengeluarkan zakat fitrah selain tujuannya sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan kata-kata kotor, serta memberikan makan bagi orang-orang fakir dan miskin.
Disamping itu jika zakat fitrah dibayarkan jauh hari sebelum lebaran uang yang diterima bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan dalam rangka menyambut lebaran sehingga saat berlebaran dapat merayakan lebaran dengan gembira.
Wagub Fahcrori Umar disambut Bupati Zumi Zola ketika tiba di Tanjabtim. Ft/Ist
Bahwa arti puasa dalam bahasa arab adalah “Ash-shoum” yang artinya menahan diri dari suatu perbuatan, misalnya menahan diri dari makan dan minum, dan bukan karena tidak adanya makanan dan minuman, tetapi maksud dan tujuan puasa ialah menahan hawa nafsu dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Serta menjaga diri segala hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat karena Allah SWT. Kemudian selanjutnya wagub menyerahkan bantuan pembangunan masjid Rp.10 juta dan 10 kitab suci Al-Quran, kepada pengurus masjid Nahdatul Tulum.
Sementara itu, Bupati Tanjabtim,  Zumi Zola menyampaikan gambaran  umum kondisi Kabupaten Tanjabtim. Zumi Zola juga melaporkan berbagai kegiatan yang dilaskanakan selama bulan Romadhan tahun 1433 H/ 2012 M.
Wagub Beri bantuan Alquran Ft/Ist
Diantaranya, melaksanakan kegiatan yang sama (Safari Ramadhan-red) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabtim, ke 11 Kecamatan yang ada di sana.  Pemkab tanjabtim juga telah menyerahkan bantuan bagi  200 orang farkir  miskin di setiap kecamatan, masing-masing sebesar Rp200 ribu bantuan untuk 50 anak yatim piatu di setiap kecamatan masing-masing sebesar Rp150 ribu.
Wagub dan bupati bersalaman dengan warga Ft/Ist
Bantuan untuk  30 orang fisabililah masing-masing mendapatkan Rp. 200 ribu dan tiga orang amil di setiap kecamatan mendapatkan bantuan senilai Rp. 300 dengan total bantuan yang diserahkan sebesar Rp.598.400.000  dengan tujuan untuk dapat membantu meringankan beban bagi masyarakat yang membutuhkan.
Acara lain ialah pesantren kilat untuk anak yatim piatu di dua kecamatan, masing-masing di kecamatan Sabak Barat dan di Sabak Timur,  selanjutnya sedang dilaksanakan Musabakoh Tilawatil Quran tingkat Keluarahan,  yang nantinya akan dilaksanakan untuk tingkat Kabupaten Tanjabtim pada minggu kedua bulan September tahun 2012.  (ref) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top