Rabu, 16 Januari 2013

Dalam Sesi Dialog Dipenghujung Masa Jabatan

 Walikota Menampung Apirasi dan Penuhi Permintaan Masyarakat

Ratusan warga meluangkan waktu untuk menghadiri dialog terbuka dengan Walikota Jambi, dr. H. R. Bambang Priyanto. Kritik membangun sampai ungkapan rasa kagum atas keberhasilan walikota ditumpahkan. Secara bijak Sang Dokter menjawab dengan kapasitas dirinya sebagai pelayan masyarakat. Berikut Catatannya.

RIZAL EPENDI – KOTA JAMBI

Di Penghujung masa jabatannya pada periode 2008 – 2013, Walikota Jambi, dr. H. R. Bambang Priyanto tetap menampung dan, bahkan langsung merealisasikan sebagian aspirasi masyarakat, sebagai perwujudan janji politik pasca terpilih sebagai kepala daerah lima tahun lalu.

Tak ayal, ungkapan walikota yang menjurus pada kepentingan publik memihak rakyat kecil itu, menuai apresiasi warga yang hadir. Ketika itu, Rabu malam (15/1), walikota menggelar dialog dengan warga RT. 06, Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

Sedikitnya ratusan warga menghadiri acara dialog terbuka itu. Beragam pertanyaan dan keluhan ditampung, dijawab walikota dengan bijak, sehingga suasana tegang berangsur mencair karena sesi dialog dibumbuhi kelakar dan canda kedua belah pihak.

Suasana dialog. FT:\Rizal Ependi



Walikota tak sendiri, dia didampingi beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi, Agus Setiawan, Kepala Dinas Tata Kota, Kota Jambi, H. Rahman Lani, SE dan Perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Pemakaman Kota Jambi. Sedangkan Sang Kadis, Muklis tak terlihat saat itu.

Kemudian dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi serta banyak lagi yang tak dapat disebutkan satu peratu. Sementara dari warga sendiri terlihat Lurah Beringin, Rini Yuliani, Camat Pasar Feriyadi dan Ketua RT 06, Dasril : Ketua RT ini bertindak sebagai tuan rumah, karena lokasi dialog digelar di kediamannya.

Dalam sambutannya Bambang Priyanto mengatakan, sebagai walikota dirinya sadar betul kalau jabatan walikota itu merupakan pelayan masyarakat. Karena itu dirinya akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat demi terwujudnya Kota Jambi BERNAS 2013.

Program BERNAS 2013, menurut walikota, selaras dengan program yang akan diwujudkan Gubernur Jambi menuju Jambi EMAS 2015. “Ini sebenarnya sama, tujuannya ialah untuk mensejahterakan masyarakat Kota Jambi khususnya dan masyarakat Provinsi Jambi pada umumnya,” ujar walikota.

Selanjutnya walikota merasa senang atas digelarnya dialog langsung dengan warga. Momen seperti ini sangat baik dan pemerintah dapat mengetahui ihwal apa saja yang terjadi di masyarakat secara langsung tanpa ada filter (penyaring/red) dari pihak manapun.

Sesi dialog berlangsung alot, pembahasan tak lebih bertujuan untuk memajukan Kota Jambi dan mensejahterakan masyarakat Jambi melalui berbagai program pemerintah yang sasaran utamannya mengangkat perekonomian rakyat kecil di sektor perkotaan.

Soal pedagang dan pengusaha kecil banyak dibahas dalam dialog tersebut, sedikit menyinggung masalah infrastruktur dan fasilitas publik lainnya seperti mengoptimalkan kembali lampu jalan dan kebersihan lingkungan. “Sebab lingkungan yang bersih akan membuat kita dan keluarga sehat,” tambah walikota.

Walikota menghimbau masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan, guna mempertahankan status Kota Jambi yang bersih dan asri. Hal itu terbukti dengan beberapa kali mendapat Piagam Adipura.

Warga yang hadir. FT:\ Rizal Ependi
Sementara itu, Ketua RT. 10, Safrizal mengungkapkan bahwa sebagian besar masyarakat di Kelurahan Beringin tersebut merupakan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Mata pencaharian masyarakat rata-rata sebagai pedagang. Karena itu, bantuan modal bagi para pedagang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

“Warga kami kebanyakan pedagang, kami sangat berharap pemerintah mengucurkan bantuan berupa modal usaha”, tukasnya.

Disamping itu warga juga berharap untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat yang berobat dengan menggunakan kartu jaminan kesehatan, seperti Jamkesda. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top