Selasa, 22 Januari 2013

Warga Negara Berhak Memiliki Rumah yang Layak

JAMBI, TANJAB EKSPRES - Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan setiap warga negara berhak memiliki tempat tinggal (rumah-red) yang layak huni. Hal ini disampaikan HBA saat membuka pameran property 2013 di Pusat Perbelanjaan Jamtos Jambi, Senin (20/1).

“Pemerintah memberikan prioritas tinggi untuk membangun rumah rakyat dengan berbagai konsep dan model, ini dilakukan karena rumah yang layak merupakan hak warga negara", ujar HBA.

Beberapa hari sebelumnya HBA meninjau rumah warga yang dalam kondisi sangat memprihatinkan bahkan menurut penuturan HBA rumah tersebut dulunya kandang ayam, dan sekarang rumah itu telah dipernaiki.

Bagi warga yang masih memiliki rumah tidak layak huni HBA mengaku akan memberikan bantuan dengan menggunakan dana pemerintah, bazda, juga CSR dari perusahaan.

Banyaknya kebutuhan akan rumah yang layak huni tersebut, HBA merasakan beberapa hambatan dalam pemenuhan kebutuhan rumah bagi warga, menilai usaha yang bergerak dalam penyediaan hunian bagi masyarakat dengan pola kredit atau angsuran HBA berharap pengembang mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan.

Kepada pengembang perumahan yang telah banyak berbuat dalam memberikan rumah layak kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan faktor keselamatan dan kebutuhan dari warga yang membeli atau menempati perumahan yang dibangun.

Kalau memilih kompleks untuk perumahan pastikan daerah tersebut bebas bencana alam utamanya banjir, ada prasarana jalan, listrik, tempat sekolah yang tidak jauh, fasilitas kesehatan dekat (Puskesmas), dan pasar yang tidak terlalu jauh", lanjut HBA.

Selain itu HBA menghimbau kepada Bupati/Walikota dan pengembang memperhatikan tata ruang dalam pembangunan sehingga tidak terjadi tumpang tindih,”Jangan tabrakan satu sama lain yang mengakibatkan lingkungan tidak sehat, tata yang baik, rencanakan dengan baik,”Kebutuhan kebutuhan dasar penghuni perumahan tidak luput dari perhatian HBA seperti tempat beribadah yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top