Selasa, 22 Januari 2013

Panwascam Harus Bekerja Penuh Tanggungjawab

JAMBI, TANJAB EKSPRES - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus memiliki tanggungjawab yang besar dalam melakukan pengawasan dalam proses pemilihan kepala daerah (Pemilukada), Pemilihan Legislatif (Pileg) bahkan Pemilihan Umum agar tercipta situasi yang kondisif.

"Sebab itu Panwascam harus bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab", ujar Ketua Panwaslu Kota Jambi, Maruli, SH dalam sambutannya ketika melantik 24 anggota panwascam di Ruang Rapat Kantor Bapeda Kota Jambi, Selasa (21/1).

Menurut Maruli, bagi anggota panwascam yang baru dilantik, nantinya tidak hanya mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada atasannya. Namun mereka telah disumpah untuk menjalankan tugas dengan baik dan bertanggungjawab juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.
24 Anggota Panwascam dilantik. Ft:\Rizal Ependi

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi Jambi, Asnawi, S.Pd berharap agar tugas yang diembankan kepada para anggota panwascam yang baru dilantik dapat berjalan dengan baik sesuai mekanisme.

Karena kata Asnawi, tahun 2013 ini ada 3 pemilihan kepala daerah yakni, Pemilukada Kota Jambi, Pemilukada Kota Kerinci dan Pemilukada Kabupaten Merangin. Setelah itu pada 2014 akan disusul dengan pileg.

Pileg ini kata Asnawi merupakan tindak lanjut dari proses verifikasi yang menetapkan 10 partai politik (parpol) yang dinyatakan lulus verifikasi. Dikatakan, saat ini banwaslu ditambah kewenangan yakni diberikan kewenangan untuk menyelesaikan masalah terkait proses verifikasi faktual parpol.

Sejauh ini, terkait proses verfikasi tersebut telah ada 9 parpol yang melakukan gugatan ke banwaslu. Namun sayangnya Asnawi tak menyebutkan ke 9 parpol itu. "Ya mereka menyatakan keberatan dengan hasil verifikasi faktual yang ditetapkan KPU", tandasnya. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top