Minggu, 27 Januari 2013

Gubernur Instruksikan Soal Antisipasi Bencana Alam

JAMBI, TANJAB EKSPRES - Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) telah mengeluarkan instruksi kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Jambi, untuk mengantisipasi bencana alam terkait banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kerinci 26 Januari lalu.

Hasil koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, sedikitnya 4 orang tewas, 4 orang lagi menderita luka - luka dan satu orang dinyatakan hilang akibat bencana tanah longsor tersebut.

"Bencana itu terjadi akibat pengerukan tanah bukit dibagian atas lokasi proyek geothermal yang kemudian menimpa perumahan karyawan sehingga terseret sekitar 50 meter", ujar gubernur melalui Asisten Ekbang dan Kesra Sekda Provinsi Jambi, H. Haviz Khusaini di Jambi, Minggu (27/01).

Tim SAR menyelamatkan korban bencana dalam simulasi penyelamatan korban bencana beberapa waktu lalu. FT:\RE
Korban tewas disebabkan akibat terjepit diantara perumahan yang terbuat dari bekas peti kemas (kotainer-red) serta diduga tertimbun lonsor. Informasi ini diperoleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dari hasil kajian tim rekasi cepat (TRC) BPBD Provinsi Jambi dan Ruang Pusat Pengendali Operasinal Bencana (Rupusdalop) BPBD Kabupaten Kerinci.

Sedangkan banjir terjadi di Desa Dusun Baru, Lempur Tengah, Koto Dian Pulau Tengah, Jembatan Merah dan Desa Limok Menaih Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, disebabkan meluapnya Sungai di Desa Dusun Baru Lempur Tengah, 26 Januari 2013.

Banjir ini mengakibatkan sedikitnya 100 unit rumah tergenang air dan longsor di Lempur Tengah, Kecamatan Gunung Raya. Korban jiwa tidak ada, begitu juga kerugian materi belum diperoleh keterangan dari pihak terkait.

Sejauh ini Pemprov Jambi telah siap mendistribusikan bantuan logistik dan obat-obatan serta bantuan uang, pendistribusian bantuan tersebut akan didistribusikan setelah ada pernyataan tangap darurat dan permohonan bantuan bencana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Kerinci. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top