Minggu, 30 September 2012

Ribuan Warga Sengeti Kena ISPA


MUAROJAMBI, TANJAB EKSPRES –  Ribuan warga Sengeti, Kabupaten Muarojambi terkena penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyebabnya semakin tebalnya kabut asap akibat kebakaran hutan di Provinsi Jambi. 
 
“Saat ini penderita ISPA mencapai seribu lebih, kepada masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit Menular Langsung ( P2ML) Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Yes Isman kepada Tanjab Ekspres, kemarin.
Yes Isman. Ft:\Rizal Ependi

Udara kotor oleh polusi hasil kebakaran hutan tersebut dominan menyebabkan penyakit ISPA, karena itu menurut Yes Isman, jika keluar rumah harus menggunakan masker. Warga juga dihimbau untuk tak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak penting.    

Sementara itu, Badan Meterologi Kilmatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi mencatat hingga Sabtu (29/9), titik api atau hotspot yang terpantau satelit NOAA hamper mendekati angka 200.

Pihak BMKG juga menghimbau warga agar waspada dampak negatif kabut asap seperti kecelakaan dalam berkendaraan, karena pendeknya jarak pandang dan penyakit ISPA yang muncul akibat udara kotor. 

Tak hanya di Jambi, Riau dan Bengkulu juga banyak terdapat hotspot, jumlahnya juga 200 lebih. Sedangkan Palembang Sumatera Selatan penymbang terbesar hotspot yakni 1000 lebih. (ref)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Berita Terbaru

10 Berita Paling Top